Rabu, 28 Oktober 2009

sPaM adaLah . . . ? ? ?

Di jaman sekarang ini dimana kebutuhan untuk mendapatkan informasi melalui internet itu semakin tinggi. Namun, masih banyak pengguna komputer yang belum menyadari akan pentingnya keamanan jaringan komputer dan internet. Dan tanpa disadari semua data dalam komputer menjadi hilang, atau terkena virus, bahkan yang lebih fatalnya lagi komputer menjadi rusak atau tidak dapat digunakan lagi. Saat ini berbagai serangan terhadap jaringan komputer dan internet semakin banyak dan berkembang, baik itu disengaja atau tidak, ataupun secara individu atau kelompok. Salah satunya adalah spam.
Spam adalah penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna web. Sementara orang yang melakukan tindakan spam disebut spammer. Spam ini biasanya datang bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Bentuk berita spam yang umum dikenal meliputi: spam pos-el, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam berita pada telepon genggam, spam forum Internet, dan lain lain.
Sedangkan Junk mail sendiri lebih luas lagi cakupan artinya. Spam ini juga bagian dari junk mail. Tindakan mengirim mail unsubscribe ke sebuah milis juga termasuk junk. Secara umum, junk mail dapat diartikan:
• Bagi Milis –> Pesan yang tidak ada hubungannya dengan milis tersebut.
• Bagi User –> Pesan masuk yang tidak kita kehendaki, misalnya seorang teman mengirimkan penawaran bisnis berantai yang tidak kita inginkan.
Dari sedikit penjelasan diatas, tujuan spammer melakukan spam antara lain :
• Membuat mailbox penuh
• Social Engineering
• Revenge
• Hanya iseng-iseng saja
• Uji coba mail server
Berikut ini adalah cara kerja spam
Spam dikirimkan oleh pembuat iklan dengan biaya operasi yang sangat rendah, karena spam ini tidak memerlukan mailing list dari alamat-alamat email yang ditemukan dari situs-situs terkenal seperti Facebook, Multiply, Friendster dll. Setelah itu file-file akan disebarkan melalui email-email tersebut untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan. Sebagai akibatnya banyak pihak yang dirugikan. Selain pengguna Internet itu sendiri, ISP (Penyelenggara Jasa Internet atau Internet Service Provider), dan masyarakat umum juga merasa tidak nyaman.
Namun Anda tidak perlu khawatir jika terjadi spam. Karena banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi spam diantaranya yaitu :
• Filtering
Filtering adalah salah satu penyelesaian terutama dari segi teknis. Filtering pada intinya bertujuan membantu penerima email untuk memilah-milah secara otomatis mana email yang “benar” dan mana spam, sehingga menghemat waktu dan tenaga.
• Blocking
Filtering tidak menyelesaikan akar permasalahan, hanya membantu meringankan beban penerima dalam menyortir email. Meskipun difilter, namun jumlah total spam yang sebetulnya masuk setiap hari terus bertambah.
• Merombak Infrastruktur Email
Ini merupakan solusi yang lebih mendasar, namun lebih sulit untuk diimplementasi. Karena alamat email bersifat publik (tidak ada otentikasi untuk mengirimkan email), sementara mengirim email begitu mudah (murah, bisa lewat berbagai jalur, dan tak perlu tool/keahlian macam-macam) maka akan selalu saja ada motivasi untuk spamming. Tanpa perombakan infrastruktur pun, setidaknya kita bisa membuat alamat email tidak terlalu publik dengan melakukan manajemen alamat email:
1) tidak memberikan alamat email sembarangan, apalagi kepada situs web atau milis
2) menggunakan alamat email yang berbeda-beda untuk setiap kebutuhan. Dibutuhkan kerjasama dari pihak situs web dan segenap pemakai secara keseluruhan agar tidak membuat alamat email terlalu publik.
• Jangan menggunakan “catchall email” pada setiap domain yang anda gunakan. Setting catchall ini menyebabkan anda menerima sembarang email yang ditujukan ke domain anda.
• Jangan sekali-kali melakukan klik pada setiap link disetiap spam yang anda terima!
• Jangan melakukan “unsubscribe” karena spammer justru dapat memastikan bahwa email anda diterima dengan baik.
• Bila menggunakan email client untuk membaca email seperti outlook express, pastikan sedapat mungkin membaca email dengan “plain text” bukan html.
• Sebaiknya gunakan software anti spam, anti virus, anti spyware dan firewall di pc Anda.
• Ubah cara penulisan email saat Anda mempublishnya kepada publik. Seperti : namauser[di]namamailserver[titik]com. Contoh, jika alamat tersebut paimin@kunam.com, maka dapat dituliskan paimin[di]kunam[titik]com.
Referensi
http://netsains.com/2008/01/kiat-menghindari-spam-di-email/
http://allpha11.multiply.com/journal/item/248/SPAM_ADALAH
http://www.master.web.id/mwmag/issue/08/content/fokus-menangani_spam/fokus-menangani_spam.html

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates